Edward Snowden Membongkar Program XKeyscore Milik AS

1/08/2013

Edward Snowden Membongkar Program XKeyscore Milik AS

XKeyscore (Guardian)

Moskow – Pihak Amerika Serikat (AS) ternyata banyak sekali melakukan aksi penyadapan. Hal ini diungkapkan lagi oleh Edward Snowden, dimana ia menyatakan bahwa program yang diberi nama XKeyscore adalah program yang digunakan oleh pihak intelijen AS yang bertujuan untuk mengawasi penggunaan internet yang ada di berbagai dunia.

Sebagai informasi bahwa sebelumnya Snowden memang telah mengungkapkan program yang bernama Prism. Dan sekarang dia kembali mengungkap proram yang bernama XKeyscore, dimana program XKeyscore ini jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan program Prism. Seperti yang dilansir dari Guardian, Kamis (1/8/2013), Snowden mengungkapkan bahwa program ini memang dapat menangkap semua aktifitas para pengguna internet.

Prism sendiri dapat mengumpulkan berbagai informasi dengan format metadata dan jangkauannya juga terbatas. Berbeda dengan XKeyscore yang jangkauannya tidak terbatas pada jaringan internet yang dimiliki oleh AS. Karena XKeyscore ini mampu melacak berbagai konten seperti riwayat browsing, email dan juga media social.

Bahkan program tersebut juga mampu menjangkau aktifitas internet yang ada di Negara lain. Terkait hal tersebut, pemerintah AS membantah adanya program penyadapan yang melangggar privasi warga tersebut.

Karena pihak pemerintah Amerika menyatakan bahwa program penyadapan yang dilakukannya selama ini sudah sesuai dengan hukum yang berlaku saat ini. Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh NSA, disampaikan bahwa sebenarnya XKeyscore merupakan program resmi milik Badan Keamanan Nasional (NSA). Dimana NSA adalah badan intelijen milik AS yang memiliki fungsi untuk menyelidiki sektor komunikasi. (Rini Masriyah – www.HarianIndo.Com)

advertisement

Comments are closed

advertisement

Photo Gallery

Tweet