Roma – Semua wakil Italia telah tumbang di ajang Liga Champions dan Liga Europa. Pelatih AS Roma, Claudio Ranieri menyebut tekanan psikologis menjadi penyebab kegagalan tim-tim dari Negeri Pizza.

Ranieri: Tekanan Psikologis Bikin Tim Italia Tumbang di Liga Champions

Claudio Ranieri

Juventus pada pekan ini tersingkir dari Liga Champions setelah kalah agregat 2-3 dari Ajax Amsterdam. Sementara itu Napoli kalah agregat 0-3 dari Arsenal di Liga Europa.

“Menurut saya tekanan psikologis menjadi penghalang pelatih dan pemain di Italia. Mereka punya pengetahuan taktik yang lebih sedikit di Inggris, tapi mereka selalu bergerak cepat dan total baik di latihan maupun pertandingan,” ucap Ranieri sebagaimana diberitakan Sky Sports pada Senin (22/4/2019).

“Saya punya tempat makan besar dibangun di stadion karena kalau tidak seperti itu para pemain baru akan muncul sebelum pertandingan. Saya memilih agar mereka tetap bersama,” lanjuntya,

“Saya tidak mengubah metode latihan dari Inggris ke Italia, itulah tekanannya. Semuanya lebih berat di sini,” lanjutnya.

Ranieri dalam kariernya pernah menangani tim di berbagai negara. Selain Italia dan Inggris, ia juga pernah melatih di Perancis dan Spanyol. (Tita Yanuantari – harianindo.com)