Home > Gaya Hidup > Bagaimana Caranya Menurunkan Kolesterol dengan Olahraga?

Bagaimana Caranya Menurunkan Kolesterol dengan Olahraga?

Jakarta – Olahraga menjadi salah satu cara untuk menurunkan kolesterol, disamping menjaga asupan makanan tentu saja. Dengan berolahraga secara teratur, dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan trigliserida yang dapat menaikkan kadar kolesterol jahat.

Bagaimana Caranya Menurunkan Kolesterol dengan Olahraga?

Robert H. Eckel, MD, Profesor Kedokteran dari divisi kardiologi University of Colorado School of Medicine menyarankan untuk berolahraga agar lemak dalam tubuh berkurang sehingga kesehatan jantung juga dapat dijaga.

“Dengan memangkas lemak, kesehatan jantung Anda akan benar-benar terjaga,” ucapnya, seperti dikutip dari laman Everydayhealth, Rabu (7/9/2016).

Sebuah penelitian dari BMC Public Health pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa orang-orang dengan obesitas yang terlibat dalam penelitian ini dan melakukan olah raga aerobik dan latihan otot, jantung mereka lebih sehat. Di samping itu, olah raga jenis ini dapat membantu menurunkan berat badan serta meningkatkan kebugaran.

American Heart Association (AHA) menyarankan untuk melakukan 40 menit aerobik, tiga kali seminggu. Selain itu, AHA juga menyarankan paling tidak melakukan 150 menit olahraga mederat dan 75 menit olahraga berat setiap minggunya.

Jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk menurunkan kolesterol juga bermacam-macam. Mulai dari jalan cepat, berenang, bersepeda, jogging, bermain tenis, menari, dan sebagainya.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

8 Manfaat Kesehatan dari Menyantap Oatmeal

8 Manfaat Kesehatan dari Menyantap Oatmeal

Jakarta – Jika Anda terbiasa sarapan mengunakan oatmeal, Anda patut merasa lega. Pasalnya, oatmeal adalah ...