Home > Gaya Hidup > Lima Langkah Mencegah Kanker Serviks

Lima Langkah Mencegah Kanker Serviks

Jakarta – Menurut data tahun 2012, sebanyak 26 orang wanita di Indonesia meninggal karena kanker serviks setiap harinya. Itu berarti ada satu orang wanita yang meninggal setiap jamnya kanker serviks.

Lima Langkah Mencegah Kanker Serviks

Pada tingkat Asia Tenggara, Indonesia menjadi “juara” untuk jumlah penderita kanker serviks dibandingkan dengan negara lainnya.

Lantas bagaimana cara mencegah agar seseorag tidak sampai terkena kanker yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) ini?

1. Lakukan Screening Secara Teratur
Cara yang paling efektif adalah dengan melakukan pengujian atau screening guna mengetahui lesi pra kanker sejak dini sebelum berubah menjadi sel kanker yang invasif.

Lakukan pengujian melalui Pap smear dan tes HPV secara teratur. Jadwal pengujian dapat Anda konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

2. Hindari Kontak dengan Human Papilloma Virus (HPV)
Hindari kontak dengan penyebab utama kanker serviks. Cobalah untuk tidak membiarkan orang lain yang Anda tidak tahu pasti riwayat kesehatannya melakukan kontak dengan daerah anal atau genital Anda.

3. Gunakan Kondom
Meskipun tidak bisa 100 persen mencegah, namun penggunaan kondom terbukti mengurangi risiko terkena HPV hingga 70 persen.

4. Berhenti Merokok
Racun pada rokok bersifat oksidatif sehingga bisa memicu sel kanker muncul dan bertambah ganas.

5. Vaksinasi
Vaksin HPV bukan untuk mengobati kanker serviks namun dapat mencegahnya sejak dini. Menurut American Cancer Society, vaksinasi HPV rutin bisa dilakukan sejak anak berusia 11-12 tahun.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Manfaat Super Merica Bagi Kesehatan Anda

Manfaat Super Merica Bagi Kesehatan Anda

Jakarta – Bagi mereka yang memang menyukai rasa pedas, menambahkan bumbu merica pada makanan adalah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis