Peserta Tes Kemenkeu Akan Menjalani Serangkaian TesJakarta – Bagi Anda yang kemarin mendaftar CPNS Kemenkeu dan sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi, nantinya akan menjalani serangkaian ujian. Dari jumlah pelamar dari Kemenkeu yang mencapai 136.000 pendaftar, nantinya akan memperebutkan 9000 formasi yang disediakan oleh Kementerian Keuangan untuk rekrutmen CPNS 2014.

Tidak dipungkiri memang Kemenkeu pada tahun ini menjadi salah satu instansi yang paling banyak membutuhkan tenaga baru dengan pendaftar dari berbagai disiplin ilmu, baik dari SMK sampai ke jenjang S2 yang nantinya akan disebar ke beberapa devisi-devisi penerimaan negara.

Setelah proses pendaftaran ditutup, pihak kemenkeu dan panselnas akan menyeleksi secara administrasi dengan menyesuaikan semua kriteria dan juga kualifikasi yang sebelumnya telah disyaratkan.

Untuk pelamar yang lolos atas seleksi administrasi, telah diumumkan di website resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia, dan juga diberitahukan melalui email untuk dapat mengikuti tes lanjutan.

Nantinya aka nada empat prosedur ujian yang akan dijalani oleh para pelamar, seperti Tes Kemampuan Bidang, Tes Kemampuan Dasar, Test Kesehatan, Psikotes, dan yang terakhir wawancara.

Didalam Tes Kemampuan Dasar (TKD), materinya terdiri dari wawasan kebangsaan, yang berkaitan dengan nilai-nilai empat pilar penting Bangsa Indonesia (UUD 45, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI termasuk sistem tata negara).

Baca juga:
Info CPNS 2014: Baru Tiga Hari Dibuka, Jumlah Pelamar Mencapai 1.263

Sedangkan materi TKD yang lainnya adalah Tes Intelejensi Umum, seperti test kemampuan verbal, kemampuan logika, kemampuan analisis serta kemampuan numerik. Ada juga tes karaktristik Pribadi yang didalamnya bersisi sejauh mana kompetensi pendaftar.

Jika lolos, para peserta akan dihadapkan dengan tes psikotes, yang berfungsi untuk mengukur sikap kerja, emosi dan intelijensia. Kemudian jika lolos akan dilanjutkan dengan tes kesehatan dan diakhiri dengan tes wawancara. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)