Home > Gaya Hidup > Ingin Hati Anda Sehat? Jangan Konsumsi Tiga Jenis Makanan Ini

Ingin Hati Anda Sehat? Jangan Konsumsi Tiga Jenis Makanan Ini

Jakarta – Hati merupakan salah satu organ tubuh mempunyai peranan sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.
Fungsi hati yakni mentralisir berbagai racun yang masuk ke dalam tubuh. Namun bila terlalu banyak racun yang masuk ke dalam hati secara terus menerus maka fungsi hati akan terganggu dan menyebabkan kerusakan hati.

Ingin Hati Anda Sehat? Jangan Konsumsi Tiga Jenis Makanan Ini

Lantas bahan makanan apa saja yang berpotensi merusak hati?

1. Minuman Herbal
Tidak semua jenis minuman herbal menjadi penyebab kerusakan hati. Waspadai bila produk herbal yang Anda konsumsi mengandung Chelidonium majus (bahan produk herbal untuk keluhan mual) dan Anthracene glycoside (untuk memperlancar saluran pencernaan). Kedua bahan ini sering dikaitkan dengan kerusakan hati.

2. Makanan dengan Kadar Lemak dan Gula Tinggi
Kadar lemak dan gula tinggi dalam darah tidak hanya berbahaya bagi kesehatan jantung, namun juga dapat menyebabkan diabetes, sindrom metabolik, dan obesitas. Penderita diabetes dan obesitas beresiko tinggi mengalami nonalcoholic fatty liver disease (perlemakan hati), yang kemudian dapat berakhir kepada pengerasan hati atau sirosis.

3. Jamur
Beberapa jenis jamur dapat berakibat parah bagi kesehatan hati. Jenis jamur seperti Amanita phalloides, Aspergillus flavus, dan Aspergillus parasiticus, dapat menghasilkan senyawa racun aflatoksin yang menyebabkan gangguan pertumbuhan dan kanker hati dalam jangka panjang. Jamur-jamur ini dapat ditemukan pada bahan makanan yang tidak disimpan dengan benar, seperti jagung, beras, dan gandum.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Mengharukan, Pria Tua yang Buta Ini Berjualan Majalah Setiap Harinya dan Tidak Mau Orang Lain Mengasihaninya

Mengharukan, Pria Tua yang Buta Ini Berjualan Majalah Setiap Harinya dan Tidak Mau Orang Lain Mengasihaninya

Jakarta – Di tengah banyak orang yang lebih mengharapkan belas kasihan orang lain dengan mengemis ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis