Home > Gaya Hidup > Tips > Simak, Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui

Simak, Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui

Jakarta – Islam mengajarkan jika mereka yang tak dapat berpuasa bisa mengganti puasanya. Seperti bagi ibu menyusui.

Simak, Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui

Ibu Menyusui

Namun terkadang, ibu menyusui tetap ingin berpuasa. Lantas apakah puasa untuk ibu menyusui berpengaruh pada produksi ASI?

Bagi Anda para ibu yang menyusui namun tetap ingin berpuasa, sebaiknya berkonsultasi pada dokter terlebih dulu. Dokter akan memeriksa dan mengetahui kondisi tubuh Anda, apakah siap untuk berpuasa atau tidak.

Apabila kondisi tubuh memungkinkan, berarti Anda harus memperhatikan beberapa tips berikut ini seperti dilansir dari pojoksatu.id, Jumat (26/5/2017):

Minum yang Cukup
Meski puasa, Anda tetap harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Disarankan untuk minum 2 liter setiap hari. Anda bisa meminumnya saat berbuka hingga sahur. Anda juga bisa meminum minuman lain seperti jus buah dan susur. Dan yang perlu diingat saat berbuka, sebaiknya meminum minuman hangat. Hal ini dikarenakan air hangat dapat merangsang kelancaran ASI.

Atur Pola Makan
Ibu menyusui perlu nutrisi yang cukup agar ASI nya lancar dan berkualitas. Adapun cara menjaga pola makan saat bulan puasa adalah, setidaknya makan sebanyak 3 kali selama waktu setelah berbuka hingga sahur. Penuhi kebutuhan nutrisi, yaitu 20% lemak, 30% protein, dan 50% karbohidrat. Sebenarnya berapapun frekuensi makan Anda, yang penting kebutuhan nutrisi tersebut terpenuhi dan istirahat yang cukup.

Baca juga: 3 Tips dan Trik Tingkatkan Kreatifitas Anda

Konsumsi Suplemen Jika Perlu
Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menjaga pola makan, akan lebih baik lagi jika Anda mengonsumsi suplemen seperti madu kesehatan, kurma. Suplemen ini, bisa menjaga kualitas ASI tetap terjaga, dan kesehatan sang ibu pun akan lebih terjaga. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Hati-Hati, Kerap Mengunyah Permen Karet Timbulkan Dampak Negatif

Hati-Hati, Kerap Mengunyah Permen Karet Timbulkan Dampak Negatif

Jakarta – Sejumlah orang sangat menggilai aktivitas mengunyah permen karet. Hal tersebut memang bisa menimbulkan ...