Market Share Windows Phone Terus Merangkak NaikWashington – Pengaruh hadirnya Windows Phone Nokia Lumia 520 dan menurunnya penjualan BlackBerry sungguh merupakan berkah tersendiri untuk Microsoft dan Nokia. Seperti dilansir dari phonearena (30/09/2013), proyek gabungan dua perusahaan itu sukses merengkuh pasar mid-sector terutama di benua biru, Eropa.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa per bulan Agustus 2013, Windows Phone saat ini menguasai setidaknya 9.2% di lima besar pasar Eropa(Inggris, Perancis, Jerman, Italia, dan Spanyol) . Berita ini diperoleh dari Kantar Worldapanel yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang informasi teknologi. Persaingan sengit dalam memperebutka masrket share di Eropa ini diisi oleh Windows Phone, iOS dan Android. Hanya di negara Jerman saja dimana Android memiliki pasar yang lebih besar daripada iOS dan Windows Phone.

Bagaimana dengan belahan dunia yang lain? Persaingan memperebutkan market share di Amerika Serikat sendiri yang notabene markas Microsoft justru semakin panas. Apple merukan pesaing utama Windows Phone dimana produk utamanya seperti Apple iPhone 5 yang bahkan belum dirilis sudah memiliki market share. Lain halnya di pasar Jepang, di pasatr terbesar kedua di Asia ini sepertinya Wondows Phone masih jauh tertinggal dari Apple iOS dan Android, walapun tren positif terus dialami Windows Phone. Kita tunggu saja apakah Windows dapat setidaknya mengisi ruang antara Android(peringkat 1 di dunia) dan Apple? Menarik untuk diamati. (Rini Masriyah – HarianIndo.Com)