Home > Ragam Berita > Internasional > Korsel Tetapkan THAAD untuk Lawan Ancaman Korut

Korsel Tetapkan THAAD untuk Lawan Ancaman Korut

Seoul – Korea Selatan (Korsel) dikabarkan telah mengaktifkan sistem pertahanan antimisil Amerika Serikat (AS). Hal tersebut dilakukan untuk melawan ancaman dari Korea Utara (Korut).

Korsel Tetapkan THAAD untuk Lawan Ancaman Korut

Namun, Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi melayangkan kritik atas tindakan itu. Selain itu, kepercayaan Tiongkok terhadap Korsel pun kini berkurang.

Pengumuman Korsel dan AS tentang penempatan unit Terminal High Altitude Area Defence (THAAD) juga dikritik Beijing karena peluncuran sistem misil tersebut dapat mengganggu stabilitas keamanan regional.

Keputusan untuk menempatkan THAAD merupakan langkah terbaru Korsel untuk melawan Korut, tapi China khawatir sistem radar tersebut dapat mengukur kemampuan militer dan menyerang mereka. Selain China, Pemerintah Rusia juga ikut menentang rencana penempatan misil THAAD.

”Langkah Korsel baru-baru ini telah mengakibatkan kepercayaan antara kedua negara (China dan Korsel) semakin berkurang,” ujar Wang kepada Menteri Luar Negeri Korsel Yun Byung-se sebagaimana diberitakan Reuters pada Senin (25/7/2016).

Wang dan Yun dikabarkan bertemu pada Minggu 24 Juli 2016 di sela-sela 10 anggota konferensi asosiasi menteri luar negeri Negara Asia Tenggara di Vientiane.

Kendati demikian, Yun membantah bahwa langkah tersebut bertujuan untuk menyerang China melainkan bertujuan untuk melindungi keamanan Korsel dan tidak akan merusak kepentingan China.

Pemerintah Korsel dan AS mengatakan, misil THAAD hanya akan digunakan dalam pertahanan untuk menghadapi rudal balistik Korut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

Selama ini, Korut diketahui telah beberapa kali meluncurkan serangkaian misil terutama dalam beberapa bulan terakhir. Baru-baru ini, negara komunis itu menembakkan tiga rudal balistik yang disebut sebagai ujian simulasi serangan terhadap pelabuhan Korsel dan lapangan udara yang digunakan militer AS.

x

Check Also

Melania Trump Ingin Ada Ruang Khusus Untuk Dandan Di Gedung Putih

Melania Trump Ingin Ada Ruang Khusus Untuk Dandan Di Gedung Putih

Washington – Dalam sepekan ke depan, Donald Trump akan memulai masa jabatannya sebagai Presiden ke-45 ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis