Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 5 Makanan Bagi Penderita Insomnia

5 Makanan Bagi Penderita Insomnia

Jakarta – Kebanyakan dari kita pasti pernah mengalami insomnia. Biasanya, obat tidur menjadi solusi terbaik bagi masalah ini.

5 Makanan Bagi Penderita Insomnia

Ceri

Namun terdapat juga beberapa jenis makanan untuk mengatasi insomnia. Meski tidak langsung membuat kita menjadi mengantuk, setidaknya makanan ini tidak memiliki efek samping kepada tubuh. Berikut, makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi insomnia seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (8/1/2017):

1. Ceri

Buah ceri, terutama ceri asam mengandung melatonin, hormon yang membantu Anda tidur nyenyak. Agar dampak ceri bisa langsung anda rasakan, konsumsi buah ceri satu atau dua jam sebelum tidur.

2. Pisang

Buah yang biasa kita makan setelah makan ini mengandung magnesium dan kalium. Kedua mineral ini membantu mengendurkan otot-otot.

Selain itu, pisang adalah sumber triptofan, yaitu prekursor hormon perangsang tidur. Oleh karna itu, pisang sangat cocok dikonsumsi dua jam sebelum tidur.

3. Susu

Segelas susu sebelum tidur dapat membuat otot di tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu susu juga dapat mengatur tubuh memproduksi melatonin.

Susu juga mengandung tryptophan asam amino, yaitu prekursor serotonin atau hormon yang dapat membuat tubuh menjadi rileks dan tenang.

4. Madu

Makanan manis yang dapat membuat tubuh tertidur sekaligus menyehatkan yaitu madu. Madu dapat meningkatkan insulin dan membuat triptofan, yaitu hormon perangsang tidur lebih mudah masuk ke otak.

Cukup mengonsumsi satu sendok madu sebelum tidur dan pada saat perut kosong. Jika itu terlalu manis Anda bisa mencampur madu dengan secangkir teh chamomile.

Baca juga: Ingin Tetap Efiesien di Usia Senja? Coba Saja Senam Otak ala Denzel Washington

5. Almond

Kacang almond adalah sumber magnesium. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, magnesium dapat membuat tubuh lebih rileks .

Selain itu, almond juga kaya akan protein yang dapat menjaga kadar gula darah sepanjang malam. Selain itu, mengonsumsi segenggam kacang almond setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol buruk, meningkatkan aktivitas otak dan memperkuat tulang. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Jakarta – Meraba Nadi Sendiri atau yang disingkat dengan istilah MENARI sebaiknya dilakukan setiap hari ...