Home > Teknologi > Gadget > Begini Cara Mudah Mendeteksi Adanya Kamera atau Mikrofon Tersembunyi di Ruangan Anda

Begini Cara Mudah Mendeteksi Adanya Kamera atau Mikrofon Tersembunyi di Ruangan Anda

Jakarta – Kalau Anda merasa sedang diawasi percakapan dan gerak gerik Anda, lakukan pengecekan sendiri apakah memang demikian atau hanya perasaan Anda saja.

Begini Cara Mudah Mendeteksi Adanya Kamera atau Mikrofon Tersembunyi di Ruangan Anda

Anda bisa ‘bergaya’ bak seorang spionase untuk mencari kamera atau mikrofon yang mungkin dengan sengaja diletakkan di ruangan atau rumah Anda. Caranya tidak terlalu sulit, tapi memang butuh kesabaran dan ketelitian.

1. Lakukan pencarian menyeluruh di lokasi
Cara ini membutuhkan waktu yang lama dan ketelitian. Geledah di setiap sudut dari ruangan Anda yang dicurigai sebagai tempat untuk meletakkan kamera dan mikrofon.
Lihat pada karangan bunga, foto di dinding, detektor asap, lampu, pot bunga, bawah meja, rak buku, atau di balik cermin.

2. Dengarlah Secara Seksama
Kamera bersensor gerak biasanya menghasilkan suara klik atau berdengung saat beroperasi.

3. Matikan Lampu dan Amati
Beberapa Mikrofon dan kamera memiliki lampu indikator kecil berwarna merah atau hijau. Matikan seluruh lampu dan amati dalam gelap.

4. Periksa Cermin dengan Senter
Matikan lampu di ruangan Anda dan amati cermin di sana dengan menggunakan senter. Cermin untuk mengamati dibuat transparan pada satu sisi sehingga bisa di lihat pada sisi lainnya. Arahkan senter pada cermin untuk melihat apakah ada bayangan di baliknya.

5. Pakai Detektor Sinyal FR
Kalau Anda memang yakin bahwa Anda sedang diamati, pakailah alat detektor FR (frekuensi radio) dan lakukan penggeledahan menyeluruh terhadap ruangan, atau rumah Anda.

6. Gunakan Ponsel
Lakukan panggilan menggunakan ponsel Anda, lalu ayunkan perangkat Anda ke sekitar wilayah yang dicurigai menyembunyikan kamera atau mikrofon. Apabila Anda mendengar suara klik pada panggilan ponsel, itu bisa berarti perangkat telepon genggam Anda mengalami gangguan medan elektromagnetik dari kamera atau mikrofon.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

LG Bakal Segera Rilis Ponsel Selfie K10

LG Bakal Segera Rilis Ponsel Selfie K10

Jakarta – Seiring perkembangan zaman, produsen smartphone saat ini gencar membuat ponsel selfie. Sebelumnya, Oppo ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis