Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Awas! Inilah Ciri-Ciri Anda Terserang Penyakit Skizofrenia

Awas! Inilah Ciri-Ciri Anda Terserang Penyakit Skizofrenia

Jakarta – Skizofrenia adalah alah satu jenis gangguan jiwa yang dikenal orang awam dengan istilah gila.

Awas! Inilah Ciri-Ciri Anda Terserang Penyakit Skizofrenia

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit gangguan jiwa dimana penderita mengalami putus kontak dengan realitas hingga akhirnya memiliki dunia sendiri yang sulit dimengerti oleh orang di sekitar.

Berikut adalah ciri-ciri mereka yang terkena skizofrenia seperti dilansir dari metrotvnews.com (Selasa, 10/5/2016):

1. Halusinasi
Di sini, penderita mengalami sensasi atau indera dengan hal-hal yang sebenarnya tidak dirasakan oleh orang lain secara visual atau pendengaran.

“Dia akan mendengar bisikan-bisikan dari dalam kepala atau merasa melihat seseorang yang tidak ada di dunia nyata,” ujar Ivan Sujana, M. Psi, psikolog klinis Fakultas Psikologi Universitas Indonesia saat ditemui Metrotvnews.com.

2. Delusi atau waham
Delusi atau waham adalah pemikiran dimana seseorang meyakini suatu hal yang tidak sesuai dengan realitas. Contohnya, ia merasa dirinya adalah utusan Tuhan atau ia merasa disenangi oleh artis terkenal yang di kehidupan nyata tidak memiliki hubungan sama sekali.

3. Emosi yang kurang tepat
Penderita skizofrenia biasanya menunjukkan emosi yang berlawanan dengan respon orang normal saat menghadapi suatu kejadian. “Saat di pemakaman yang identik dengan suasana sedih, penderita akan tertawa-tawa sendiri,” ujar Ivan memberikan contoh. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Korban Bom Kampung Melayu Dirujuk ke RS Polri

Psikiater Minta Stop Sebar Foto Korban Bom Kampung Melayu

Jakarta – Ledakan keras yang terjadi di Kampung Melayu menewaskan sedikitnya 5 orang dan puluhan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis