Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 8 Hal Terkait Varises yang Tidak Anda Ketahui

8 Hal Terkait Varises yang Tidak Anda Ketahui

Jakarta – Penyakit varises sebenarnya merupakan menonjolnya pembuluh varises yang sering dialami oleh kaum Hawa.

8 Hal Terkait Varises yang Tidak Anda Ketahui

Bagi Anda yang masih awam terhadap varises, berikut 8 hal yang harus Anda ketahui tentang penyakit ini seperti dilansir dari metrotvnews.com (Selasa, 10/5/2016):

1. Pembuluh varises disebabkan oleh katup yang lemah
Pembuluh pada kaki harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh karena melawan gravitasi. Katup yang dirancang untuk sejalan pun mejadi lemah dan rusak sehingga darah mengalir berbalik dan berkumpul di pembuluh menciptakan tonjolan di pembuluh darah.

2. Bersifat keturunan
“Lebih dari 70-80 persen penderita varises memiliki kerabat yang mengalami hal yang sama,” ujar Jeffrey G. Carr, MD, direktur medis dari Vein Center of East Texas.

Faktor risiko lainnya adalah biasanya terjadi pada wanita yang mengalami obesitas, penuaan, dan kehamilan karena Anda menghasilkan darah hingga 50 persen lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan janin.

3. Tidak hanya pada kaki
Meskipun bagian tubuh yang paling sering terlihat varises adalah kaki, namun nyatanya bagian lain seperti wajah dan leher pun bisa terkena penyakit yang biasa juga disebut Telangiectasias itu.

“Semua itu tergantung pada penumpukan darah pada pembuluh yang rusak,” kata Jennifer Watson, MD, dari Spectrum Health Medical Group Vein Center.

4. Gaya hidup yang berisiko
Para ahli menyarankan agar para wanita menghindari pakaian yang ketat di bagian pinggang atau paha dan tidak menggunakan sepatu hak tinggi untuk jangka waktu yang lama karena bisa memengaruhi sirkulasi darah.

5. Mengalami bengkak
Gejala dari varises adalah merasa berat, gatal, lelah, kram, sesak, mati rasa, dan bengkak. Varises memang tak selalu membutuhkan pengobatan, namun jika Anda merasa semakin bengkak dan menimbulkan rasa sakit, dan luka, sebaiknya segera temui dokter.

“Jika terus diabaikan, akan timbul penyakit pada kaki seperti aliran darah melambat, bisul, bahkan darah membeku,” ujar Carr.

6. Dapat disamarkan
Anda dapat menyamarkan warna kebiruan pada varises dengan menggunakan concealer yang biasa digunakan untuk make up wajah.

7. Bisa dihilangkan
Ada beberapa cara untuk menghilangkan varises, salah satunya dengan melakukan operasi penghilang varises yang bisa menggunakan bius lokal atau total. Namun, Anda juga bisa menghilangkan varises tanpa harus operasi.

Teknik yang paling umum adalah perawatan berbasis panas dimana baik energi frekuensi radio atau energi laser digunakan untuk menutup dan menghancurkan vena yang akan larut dalam tubuh.

8. Jika Anda memiliki satu, maka kemungkinan bertambah akan besar
“JIka memiliki varises di satu bagian tubuh, akan ada kemungkinan munculnya varises di bagian lain. Kemungkinan untuk bertumbuh pun tetap ada,” ujar Watson. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Lima Langkah Mencegah Kanker Serviks

Lima Langkah Mencegah Kanker Serviks

Jakarta – Menurut data tahun 2012, sebanyak 26 orang wanita di Indonesia meninggal karena kanker ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis