Home > Ragam Berita > Internasional > Pasukan Irak Klaim Telah Bebaskan Mosul Timur dari ISIS

Pasukan Irak Klaim Telah Bebaskan Mosul Timur dari ISIS

Mosul – Mosul timur telah terbebas dari penguasaan ISIS pada Senin (23/1/2017). Berdasar informasi, pasukan Irak mengklaim telah mengusir kelompok teroris tersebut. Kemenangan tersebut baru bisa diraih setelah pasukan Irak bertempur lebih dari 100 hari.

Pasukan Irak Klaim Telah Bebaskan Mosul Timur dari ISIS

Mosul kini terbebas dari ISIS

Kabar ini telah dikonfirmasi Wakil ketua DPR Irak Sheikh Humam Hamoudi setelah bersua dengan Perdana Menteri Haider al-Abadi. Setelahnya, Hamoudi mengumumkan pendudukan kembali Mosul timur, yang menjadi benteng terbesar dan terakhir ISIS di Irak.

“Kita telah menuntaskan pembebasan total sisi timur kota Mosul dan ini adalah hadiah untuk rakyat Irak,” kata Sheikh Humam Hamoudi sebagaimana diberitakan Reuters pada Selasa (24/1/2017)

Baca juga: Delegasi Pemerintah Suriah : Sikap Wakil Oposisi Bertolak Belakang dengan Kesepakatan Perdamaian

Ahad pekan lalu tentara Irak telah memasuki Rashidiya, distrik terakhir yang saat itu masih dikuasai ISIS di tepi timur Sungai Tigris, kata juru bicara militer Brigjen Yahya Rasool.

Usai kemenangan itu, pasukan Irak terus melanjutkan operasi militer untuk menumpas sisa-sisa militant ISIS. Warga Rashidiya sendiri mengakui bahwa tentara membanjiri area ini setelah serangan udara menghancurkan sebuah tank dan sebuah bom mobil yang dipersiapkan ISIS untuk menghambat gerak maju pasukan Irak. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

"Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan"

“Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan”

Mosul – Sejak dikuasai oleh pihak tentara Irak pada 10 Juli 2017, Mosul menjadi kota ...