Home > Gaya Hidup > Tips > Ingin Rumah Mungil Tampak Luas ? Ikuti Tip Berikut Ini

Ingin Rumah Mungil Tampak Luas ? Ikuti Tip Berikut Ini

Jakarta – Rumah mungil membutuhkan perlakuan khusus, terutama dalam hal desain interiornya. Pasalnya, jika salah dalam penataan, akan membuat rumah mungil semakin sempit dan terkesan penuh. Tentu ini akan membuat rumah tidak nyaman dihuni atau dilihat.

Ingin Rumah Mungil Tampak Luas ? Ikuti Tip Berikut Ini

Nah, berikut ini ada beberapa aturan main dalam menata interior rumah mungil seperti dilansir Home.co.id:

1. Jendela dan Kaca
Di dalam rumah yang mungil, penempatan jendela harus tepat pada posisinya. Demikian pula penggunaan kaca di dalam rumah supaya dapat membuat ruangan terlihat lebih lega. Gunakan ukuran jendela yang tidak terlalu besar. Sementara itu kaca yang digunakan sebaiknya juga tidak bermotif.

2. Pemilihan wallpaper
Jika Anda senang menggunakan wallpaper untuk mempercantik dinding, pilihlah wallpaper yang memiliki motif ringan dan juga memiliki warna lembut dengan motif kotak tipis atau garis tipis. Tujuan dari penggunaan motif tersebut adalah untuk membantu mengistirahatkan pandangan mata Anda.

3. Furnitur dan Warna
Untuk menghindari kesan sempit dan berat, sebaiknya pilih furnitur dengan warna lembut dan desain yang sederhana supaya dapat menghasilkan efek yang ringan dan luas. Untuk sentuhan alam, sebaiknya masukkan bunga atau tanaman dalam pot untuk menghiasi interior rumah Anda.

4. Penempatan Benda Seni
Benda seni atau pajangan biasanya diletakkan di atas ketinggian penglihatan rata–rata pada umumnya. Susun dan letakkan barang-barang pajangan tersebut kira-kira dengan ketinggian 150 cm dari lantai.

5. Hiasan Mungil
Penggunaan hiasan atau pajangan yang berukuran mungil sebaiknya dihindari. Anda perlu menyesuaikan pilihan pajangan atau hiasan menurut skala ruangan yang ada. Untuk menempatkan barang seni, lukisan, dan aksesoris dinding lainnya sebaiknya gunakan dua pertiga lebar dinding.

6. Ruang Kecil
Di dalam sebuah ruangan yang kecil sebaiknya hindari meletakkan perabot dengan jumlah yang banyak. Sebaiknya, sesuaikanlah ukuran ruangan dengan bentuk dan ukuran perabot. Untuk menyiasati agar hal ini tidak terjadi, Anda perlu menyiapkan ruang dengan membuat denah ruangan.

7. Barang – Barang Sejenis
Hindari mengelompokkan barang sejenis yang pola susunannya seperti barisan. Anda sebaiknya tidak mencampuradukkan ukuran, tekstur, dan besar, namun variasikan penggunaan objek atau hiasan dari segi ketinggian untuk menciptakan ketinggian yang berjenjang.

8. Lampu
Larangan terakhir yang perlu diperhatikan dalam penataan rumah mungil adalah penggunaan lampu baca atau lampu meja sudut yang berukuran kecil. Sebaiknya gunakanlah lampu yang memiliki tinggi sekitar 70 cm – 80 cm.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Beberapa Hal yang Bisa Bikin Hubungan Amara Awet

Inilah Beberapa Hal yang Bisa Bikin Hubungan Amara Awet

Jakarta – Memelihara sebuah hubungan cinta, butuh kebiasaan, pola, dan ritual yang rutin. Ini penting ...