Home > Gaya Hidup > Empat Jenis Makanan Ini Justru Membuat Perut Kita Jadi Lapar

Empat Jenis Makanan Ini Justru Membuat Perut Kita Jadi Lapar

Jakarta – Tujuan kita makan adalah untuk menghilangkan rasa lapar. Namun bagaimana bila makanan yang kita makan justru membuat perut kita jadi lapar?

Empat Jenis Makanan Ini Justru Membuat Perut Kita Jadi Lapar

Menurut ahli endrokinologi sekaligus peneliti di Rumah Sakit Anak Boston dan Harvard Medical School, Dr Belinda Lennerz, tampilan, aroma, dan rasa tertentu dari makanan dapat memicu otak untuk mempertahankan sensasi kesenangan saat makan. Hal ini membuat seseorang menjadi mudah lapar dan ingin terus makan.

Empat jenis makanan berikut justru akan membuat kita cepat merasa lapar.

1. Keripik Kentang, Kue Kering, dan Roti
Produk karbohidrat olahan seperti keripik kentang, roti, kue kering, dan yang lainnya justru akan membuat kita cepat merasa lapar. Bila seseorang menelan kabohidrat olahan maka kadar gula dalam darah akan melonjak.

“Reaksi tubuh untuk ini adalah melepaskan sejumlah besar insulin untuk menormalkan gula darah,” kata Lennerz.
Insulin yang dilepaskan akan mendorong gula darah dan menghasilkan energi dari makanan, karena itu tubuh masih akan merasa lapar.

2. Kue dan Permen
Gula dalam makanan akan membuat thalamus, hipotalamus, dan insula dalam otak menjadi lebih rileks setelah memakan makanan tersebut.

Namun menurut penelitian di Sekolah Kedokteran Yale University, hal itu tidak terjadi jika mengkonsumsi kue dan permen.

“Singkatnya, otak memberitahu tubuh belum kenyang sehingga seseorang memiliki dorongan untuk makan lebih banyak untuk merasa puas,” kata Dr Robert Lustig, seorang peneliti gula dan endokrinologi pediatrik di University of California, San Francisco.

3. Soda Diet
Menurut penelitian terbaru di Australia, pemanis buatan dalam makanan atau minuman akan membuat bagian tertentu pada otak memberikan sinyal pada usus untuk mengharapak kalori.

Karena itu bila seseorang mengkonsumsi minuman soda diet tanpa kalori maka justru akan membuatnya merasa lapar dan ingin makan.

4. Yoghurt Rendah Lemak
Beberapa penelitian mengungkapkan, jumlah mengunyah pada saat makan akan menurunkan rasa lapar.

Karena itu, bila mengkonsumsi yoghurt rendah lemak yang biasanya mengandung karbohidrat olahan yang dapat langsung dimakan dengan mudah tanpa harus mengunyah justru membuat kita akan mudah merasa lapar kembali.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Ternyata Ini Akibatnya Bila Orang Dewasa Minum ASI Setiap Hari

Ternyata Ini Akibatnya Bila Orang Dewasa Minum ASI Setiap Hari

Jakarta – Air susu ibu (ASI) diketahui sangat bagus bagi pertumbuhan dan kekebalan seorang bayi. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis