Home > Ragam Berita > Internasional > Presiden Rodrigo Duterte Usir Tentara Amerika Serikat dari Filipina

Presiden Rodrigo Duterte Usir Tentara Amerika Serikat dari Filipina

Manila – Presiden Filipina Rodrigo Duterte meminta pemerintah Amerika Serikat untuk meninggalkan Pulau Jolo dan Basila yang merupakan basis pemberontak Abu Sayyaf karena Duterte tidak ingin adanya pasukan Amerika Serikat di sana justru akan menjadi penghalang bagi dirinya untuk menumpas Abu Sayyaf.

Presiden Rodrigo Duterte Usir Tentara Amerika Serikat dari Filipina

“Pasukan khusus itu harus pergi dari sana. Saya tak ingin ada keretakan dengan AS, namun mereka harus pergi,” ujar Duterte dalam pidatonya saat pengambilan sumpah jabatan untuk pejabat baru Filipina.

Duterte juga menambahkan, kelompok Abu Sayyaf akan membunuh warga asing sandera mereka di pulau tersebut bila uang tebusan yang mereka minta gagal mereka dapatkan.

“Mereka akan berusaha menculik warga asing untuk mendapatkan uang tebusan,” kata Duterte.

Sebanyak 1.200 pasukan elite Amerika Serikat ditempatkan di kawasan bagian selatan Filipina sejak tahun tahun 2002 untuk melawan pasukan Abu Sayyaf. Kemudian operasi tersebut dihentikan pada 2015, namun sejumlah pasukan kecil bagian teknisi dan logistik masih berada di sana.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Kasus Palu Arit Habib Rizieq Naik ke Tingkat Penyidikan

Kasus Palu Arit Habib Rizieq Naik ke Tingkat Penyidikan

Jakarta – Polda Metro Jaya memutuskan untuk menaikkan level kasus ucapan Habib Rizieq yang menyinggung ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis