Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Temukan 28 Stempel Label Halal di Kantor Milik Basuki Hariman

KPK Temukan 28 Stempel Label Halal di Kantor Milik Basuki Hariman

Jakarta – Saat melakukan penggeledahan di CV Sumber Laut Perkasa (SLP), milik Basuki Hariman (BHR), penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan 28 stempel yang diduga digunakan untuk mempermudah urusan impor daging.

KPK Temukan 28 Stempel Label Halal di Kantor Milik Basuki Hariman

“Indikasi adalah agar impor daging lebih mudah masuk ke Indonesia,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (30/1/2017).

Stempel-stempel tersebut ada yang berasal dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan, dan beberapa dari lembaga yang berwenang memberi label halal dari berbagai negara.

“Beberapa label halal yang tertulis dari negara pengekspor daging seperti Australian Halal Food services, Islamic coordinating council of Victoria, Queensland, Kanada dan China. KPK akan mempelajari keberadaan yang seolah-olah cap atau stempel yang berasal dari negara-negara dan organisasi yang bergerak di sertifikasi halal dan importasi daging,” jelas Febri.

Karena stempel-stempel tersebut ada di tempat itu, kemungkinan KPK juga akan memanggil saksi dari pihak-pihak yang stempelnya ada pada perusahaan Basuki Hariman.

“Apakah dibutuhkan pemanggilan untuk dikonfirmasi, apakah ada stempel Kementan atau Kemendag yang ditemukan di kantor BHR di Sunter, penyidik akan mempertimbangkan relevansinya. Jika relevan akan dilakukan pemeriksaan saksi-saksi. Saat ini yang bisa disampaikan temuan cap atau stempel yang digunakan dalam importasi daging masih didalami,” ungkapnya.

Menurut Febri, dalam kasus dugaan suap yang melibatkan tersangka mantan Hakim Mahkamah Konstitusi Patrialis Akbar, ada kepentingan BHR terkait UU Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam bisnisnya.

“BHR (Basuki Hariman) yang adalah pengusaha impor punya kepentingan langsung dan tidak langsung terhadap putusan,” ujar Febri.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Nusron Wahid Sesalkan Edaran Agar Masjid Tolak Bantuan Dari Ahok

Nusron Wahid Sesalkan Edaran Agar Masjid Tolak Bantuan Dari Ahok

Jakarta – Nusron Wahid mengaku heran terkait adanya imbauan menolak bantuan masjid oleh sekelompok orang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis