Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Inilah Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Sayur Bayam

Inilah Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Sayur Bayam

Jakarta – Sayur bayam dikenal dengan daun yang sangat hijau dan gelap. Ini merupakan pertanda bahwa bayam kaya akan vitamin, mineral, phytonutrients dan kalori yang rendah.

Inilah Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Sayur Bayam

Bayam diketahui memiliki banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Bayam juga dipenuhi vitamin seperti vitamin A, B2, C, E, K, zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, seng, folat, protein dan serat.

Terdapat banyak cara mudah untuk mengonsumsi bayam. Bayam bisa dimakan mentah sebagai salad atau dibuat smoothie dan jus. Bayam bisa juga dijadikan bahan untuk membuat sup dan tumisan.

Adapun manfaat yang bisa Anda raih dari rutin mengonsumsi bayam seperti dilansri dari metrotvnews.com, Sabtu (5/11/2016) berikut ini:

1. Memiliki zat besi
Bayam mengandung lemak, bebas kolesterol dan memiliki zat besi. Zat besi merupakan komponen utama dari hemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini juga membantu Anda untuk memiliki kuku, kulit, rambut lebih baik.

2. Membantu otak
Asam folat, lutein dan betakaroten dalam bayam dapat memberikan nutrisi kepada otak dan dengan demikian bayam membantu mengurangi masalah ingatan seperti demensia.

3. Jantung lebih sehat
Sifat antioksidan pada bayam, khususnya vitamin C dan betakaroten dapat menjaga kesehatan jantung. Magnesium, folat dan kalium dalam bayam juga dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

4. Membersihkan sistem
Warna hijau gelap pada daun bayam menunjukkan kandungan klorofil yang tinggi. Ini dapat mengeluarkan racun dari hati dan usus karena sifat antibakterial dan antiperadangan yang dimiliki bayam.

5. Meningkatkan kekuatan otot
Kandungan nitrat dalam bayam membantu berfungsinya otot dengan baik. Nitrat membantu sel mitokondria untuk berfungsi lebih baik.

6. Memperkuat tulang
Vitamin K yang ada dalam bayam membantu mempertahankan kalsium. Inilah yang membuat Anda bisa memiliki tulang yang kuat dan sehat.

7. Anti peradangan
Senyawa flavanoid, karotenoid, selain asam alfa-linolenat dalam bayam dapat menyembuhkan peradangan yang bisa meminimalisir risiko kanker.

8. Melindungi mata
Kandungan karotenoid dalam bayam membantu meningkatkan kesehatan mata dan melindungi mereka dari bahaya katarak dan degenerasi makula.

9. Mengurangi tekanan darah
Kandungan kalium yang tinggi dan sodium yang rendah dalam bayam membantu menurunkan tekanan darah, dan mempertahankan agar tetap stabil.

Baca juga: 5 Tanda Unik Saat Tubuh Mengalami Dehidrasi

10. Anti kanker
Flavanoid dan antioksidan dalam bayam membantu memerangi berbagai jenis kanker. Karotenoid, lutein, neoxanthin, dan lainnya yang ada pada bayam dapat menghilangkan radikal bebas berbahaya dari dalam tubuh. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Sarapan Kaya Serat Membuat Kendall Jenner Merasa Kenyang Lebih Lama

Sarapan Kaya Serat Membuat Kendall Jenner Merasa Kenyang Lebih Lama

Jakarta – Kendall Jenner ternyata memiliki rahasia dibalik tubuh langsing dan seksinya. Super model internasional ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis