Home > Ragam Berita > Nasional > Sidang Ahok, Ahli Bahasa Menyebut Kekeliruan Ucapan Bisa Minta Maaf

Sidang Ahok, Ahli Bahasa Menyebut Kekeliruan Ucapan Bisa Minta Maaf

Jakarta – Prof. Mahyuni, ahli bahasa yang dihadirkan dalam persidangan kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menuding sang terdakwa telah membohongi dan berusaha mengubah pola berfikir warga Kepulauan Seribu dengan mengatakan surat Al Maidah ayat 51 sebagai sumber kebohongan.

Sidang Ahok, Ahli Bahasa Menyebut Kekeliruan Ucapan Bisa Minta Maaf

Ahok

“Kesimpulan saya, ada tuduhan bahwa sumber itu (surat Al Maidah) adalah sumber kebohongan, bahwa yang bicara juga membohongi yang mendengar, dan bertujuan agar yang mendengar mengubah minset-nya,” ujarnya dalam sidang yang digelar di Gedung Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (13/2/2017).

Pernyataan tersebut disampaikan Mahyuni ketika menanggapi pertanyaan jaksa yang ingin memastikan apakah keterangannya sejak awal berkesmipulan bahwa Ahok telah melakukan penistaan, penodaan, dan penghinaan. Dia memastikan sejak awal keterangannya di hadapan majelis hakim benar menurut displin ilmu yang dia kuasai.

Mahyuni menyebutkan bahwa pernyataan Ahok dalam pidatonya di Kepulauan Seribu bermakna negatif dari penggunaan kata “bohong”. Terlebih, Ahok dalam kalimatnya juga menggunakan kata “pakai”, artinya disebutkan Mahyuni, ada sosok yang memfasilitasi menyampaikan Al Maidah sebagai sumber kebohongan lalu disebarluaskan.

“Ada klaim bahwa orang menggunakan ini untuk membohongi. Jelas ada orang yang membohongi,” terang Mahyuni.

Mahyuni menambahkan, selain Ahok menggunakan kalimat “iya kan” sebagai penegaskan untuk memperkuat penryataannya, Ahok juga dinilai sadar dan memiliki niat untuk menyampaikan hal tersebut.

Baca juga: Jelang Pilkada, Jokowi Panggil Panglima TNI dan Kapolri

“Dalam ilmu saya, semua yang dibicarakan seseorang sudah dipikirkan, pasti sudah dipikirkan, sepanjang yang bersangkutan normal,” tegas Mahyuni. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Penari Sensual di Karaoke Kawasan Ngaglik Surabaya Diamankan Petugas

Penari Sensual di Karaoke Kawasan Ngaglik Surabaya Diamankan Petugas

Surabaya – Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Satreskrim Polrestabes Surabaya, melakukan penggeledahan pada salah satu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis