Home > Gaya Hidup > Hasil Penelitian, Mendengkur Pada Anak Ternyata Dapat Turunkan IQ

Hasil Penelitian, Mendengkur Pada Anak Ternyata Dapat Turunkan IQ

Jakarta – Mendengkur kerap kali dikaitkan dengan henti napas saat tidur atau sleep apnea. Bila keadaan ini dialami oleh anak maka dapat mempengaruhi otak, bahkan dapat menurunkan tingkat IQ.

Hasil Penelitian, Mendengkur Pada Anak Ternyata Dapat Turunkan IQ

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh laboratorium tidur University of Chicago, membuktikan bahwa mendengkur berakibat langsung pada otak. Pembuktian ini dilakukan melalui uji neurokognitif dan MRI.

Beberapa data juga menyebutkan, sebanyak 5 persen anak mendengkur saat tidur dan mereka menderita sleep apnea. Bila anak mendengkur, maka saluran nafasnya akan menyempit sehingga udara yang lewat juga sedikit sehingga anak seolah tercekik dan akhirnya terbangun sejenak. Hal ini secara otomatis akan memotong secara tiba-tiba waktu tidurnya.

Pada penelitian ini melibatkan anak berusia 7-11 tahun yang dinilai fungsi dan citra otaknya menggunakan MRI. Hasilnya, anak dengan sleep apnea berkurang volume gray matter di otaknya. Fungsi gray matter sendiri diketahui untuk memproses informasi di otak, termasuk membuat keputusan, kontrol diri, persepsi, ingatan, gerakan, dan kemampuan bicara.

Para peneliti juga menemukan bahwa sleep apnea berhubungan dengan hilangnya neuron dan perlambatan pertumbuhan syaraf pada otak anak. Hal ini juga mengakibatkan penurunan IQ antara 8-10 poin.

Karena itu, gangguan sleep apnea pada anak sebaiknya harus segera diatasi sedini mungkin karena kerusakan pada otak tidak dapat dipulihkan meskipun gangguan tidurnya sudah bisa disembuhkan.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Awas, Sering Gunakan GPS Beresiko Matikan Kinerja Otak

Awas, Sering Gunakan GPS Beresiko Matikan Kinerja Otak

Jakarta – Fakta mengejutkan menyebutkan bahwa mengikuti petunjuk GPS atau navigasi satelit rupanya bisa mematikan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis